Thursday, April 20, 2017

Khasiat Kunyit Paling Dahsyat Untuk Maag Kronis

Maag kronis merupakan istilah yang dipakai di masyarakat pada kondisi maag yang sudah parah. Namun perlu diketahui bahwa sakit maag itu sebenar nya berarti lambung, namun sebagian besar masyarakat menggunakan istilah ini dan lebih familiar dikenal orang indonesia.

Pada saat sakit maag dinding permukaan lambung bersentuhan dengan isi lambung (lapisan mukosa) mengalami inflamasi (peradangan), iritasi atau erosi pada lambung dalam istilah medis yaitu gastritis. Gastritis ini bisa terjadi secara tiba-tiba yang selanjutnya di sebut dengan gastritis akut terjadi secara bertahap yang selanjutnya disebut dengan gastritis kronis.

Sakit maag kronis terjadi saat dinding lambung menjadi meradang (inflamasi). Bakteri, terlalu banyak mengonsumsi alkohol, obat-obatan khusus, stress kronik, atau masalah sistem imun tubuh lainnya bisa menyebabkan inflamasi (peradangan). Ketika inflamasi terjadi maka mukosa lambung akan berubah dan kehilangan beberapa sel pelindungnya. Ketika yang terjadi adalah maag kronis (berlangsung jangka panjang), maka secara bertahap akan menyebabkan perubahan pada mukosa lambung dan menyebabkan metaplasia atau displasia. Ini merupakan lesi prekanker yang dapat berkembang menjadi kanker jika tidak diobati.


Khasiat Kunyit Paling Dahsyat Untuk Maag Kronis



Penyebab Sakit Maag

Selain karena bakteri dan juga obat anti inflamasi non streroid tersebut, ada pula penyebab timbulnya penyakit ini yang disebbakan kerana kebiasaan dari seseorang itu sendiri. Secara umum penyebab terjadinya sakit maag adalah:
  1. Makan yang tidak teratur ataupun terlambat makan.
  2. Merokok, yakni nstratus sebagai perokok aktif.
  3. Stress
  4. Kurangnya waktu istirahat karena banyak waktunya yang digunakan untuk bekerja dan juga beraktivitas dalam kehidupan sehari- hari.
  5. Seringkali mengonsumsi makanan yang bercitarasa pedas dan juga asam.
  6. Sering minum minuman yang banyak mengandung alkohol dan juga kafein.
Ada banyak sekali macam-macam obat maag yang bisa kita dapatkan dengan mudah di apotik- apotik atau toko obat atau bahkan di warung- warung yang ada di sekitar kita. Namun bagi Anda yang tidak biasa menggunakan obat sembarangan, tentunya akan lebih memilih cara aman yakni dengan menggunakan bahan- bahan alami yang berasal langsung dari alam. Lalu, tanaman apa saja yang dapat kita gunakan untuk membuat ramuan anti maag tersebut?

Kunyit dan Kandungannya

Sebenarnya banyak tanaman yang dapat kita gunakan untuk membuat obat maag secara alami. Salah satu tanaman yang mempunyai khasiat untuk mengobati sakit maag adalah kunyit. Kunyit merupakan satu tumbuhan yang merupakan jenis rempah yang banyak digunakan untuk membuat obat tradisional maupun untuk memasak masakan tertentu serta khasiat kunyit yang paling dahsyat untuk maag kronis. kunyit ini mempunyai satu ciri khas yaitu mempunyai warna yang kuning mencolok, dimana warna kuning ini akan dapat menempel dimanapun. Maka dari itu kunyit seringkali juga digunakan sebagai bahan pewarna makanan alami. Contohnya adalah kita membuat nasi kuning, maka kunyit ini yang digunakan untuk mengubah warna nasi yang semula putih menjadi kuning.
Manfaat kunyit untuk sakit maag ini digunakan untuk membuat obat atau ramuan tradisional. Hal ini karena kunyit mengandung zaz- zat gizi yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Dalam kunyit ini, terkandung senyawa yang berkhasiat sebagai obat yang disebut dengan kurkuminoid. Kurkuminoid ini terdiri dari kurkumin, desmetoksikumin sebanyak 10% dan juga bisdesmitoksikurkumin sebanyak 1 sampai 5 %, dan zat- zat bermanfaat lainnya seperti minyak atsiri. Kunyit ini juga mengandung lemak sebanyak 1% hingga 3%, karbohidrat sebanyak 3%, protein sebanyak 30%, pati 8%, vitamin C 45% hingga 55%, dan juga garam- garam mineral seperti zat besi, fosfor, dan juga kalsium.


Kunyit sudah sangat dikenal sebagai obat sakit perut. Khasiat kunyit paling dahsyat untuk mengobati maag kronis dari sejak dulu. jika saya atau adik-adik saya perutnya sakit, atau diare bahkan muntah-muntah, ibu tak pernah segelisah ibu-ibu jaman sekarang dalam mensikapi putra putrinya jika mengalami sakit perut.


Resep Kunyit untuk Mengobati Maag


Kunyit ini bisa dijadikan resep untuk mengobati penyakit maag. Cara yang digunakan adalah dengan membuat ramuan dari kunyit. Ramuan dari kunyit dapat dibuat dan digunakan untuk membuat obat maag dengan cara sebagai berikut:
  1. Ambil beberapa rimpang kunyit (sekitar 2 hingga 3 rimpang)
  2. Bersihkan hingga bersih, kemudian kupas kulit arinya
  3. Parut kunyit tersebut
  4. Peras air kunyit tersebut
  5. Kemudian minum air perasan dari kunyit tersebut pada waktu pagi dan juga sore hari dengan rutin.
Itulah ramuan dari manfaat kunyit untuk sakit maag yang dapat sobat Herbalya buat sendiri di rumah untuk mengatasi sakit maag.  Setelah minum ramuan dari kunyit tersebut, sakit maag yang sobat derita bisa sedikit reda. Selamat mencoba dan semoga artikel ini bermanfaat ya sobat Herbalya.


EmoticonEmoticon