Thursday, April 20, 2017

17 Obat Sakit Gigi Tradisional Mujarab

Sakit gigi memang sangat menderita ya sobat Herbalya, dari mulai sakit kepala, badan jadi demam dan ga bisa beraktifitas seperti biasa nya...Huffttt bener-bener menyiksa. Sebenar nya memang dari ulah diri kita sendiri kita bisa sakit gigi, dari mulai jarang menyikat gigi sebelum tidur dan sering makan yang manis yang menimbulkan penumpukan plak yang lama-kelamaan menjadikan gigi menjadi berlubang.

Sakit gigi sendiri mempunya tingkat keparahan nyeri yang berbeda-beda, dari mulai ringan hingga parah. Nyeri sakit gigi bisa terasa sepanjang hari maupun hilang dan timbul tidak menentu. Ketika sakit gigi daerah rahang yang berdekatan dengan gigi yang sakit akan terasa nyeri bahkan sumber nyeri nya sulit sulit di bedakan.

Nah kali ini kita akan berbagi informasi obat sakit gigi tradisional mujarab yang sudah terbukti, mau tau apa aja itu...yuk kita simak lebih lengkap nya

17 Obat Sakit Gigi Mujarab


Penyebab Sakit Gigi

Bagian di dalam gigi yang di sebut pulpa gigi merupakan lapisan terdalam dari struktur gigi yang terdiri atas pembuluh darah dan saraf sensitif. Dan sakit gigi terjadi ketika pulpa mengalami peradangan. Penyebabnya bermacam-macam antara lain :
  • Pembusukan gigi
  • Menumpuknya nanah di dasar gigi akibat infeksi
  • Penyusutan gusi
  • Gigi retak
  • Tambalan yang rusak (Pada gigi yang pernah di tambal)
Selain peradangan pada pulpa gigi, ada sejumlah kondisi yang bisa menyebabkan nyeri yang menyerupai sakit gigi antara lain :
  • Sinusitis
  • Abses Periodontal
  • Cedera pada sendi temporomandibular
  • Pembengkakan gusi 
  • Tukak gusi
  • Tumbuh gigi

Obat Sakit Gigi Mujarab

1. Daun Inggu Kering
Bahan: 2 – 4 gram daun inggu kering dan 2 cangkir (ukuran sedang) air bersih.
Cara pengobatan: Rebus daun inggu kering ke dalam panci yang terisi 2 gelas air sampai mendidih. Saring air dari daunnya, kemudian tunggu hangat dan gunakan ramuan untuk berkumur beberapa kali.

2. Minyak Batok Kelapa
Bahan: Batok kelapa yang telah terbagi dua dan kapas secukupnya.
Cara pengobatan: Ambil satu bagian batok kelapa, kemudian bakar sampai keluar minyaknya. Ambil minyak batok kelapa menggunakan kapas, lalu tempelkan pada gigi yang sakit. Sehabis itu Anda akan kaget karena reaksi dari obat ini cukup cepat, rasa sakit pada gigi akan hilang hanya dalam beberapa menit.

3. Daun Sirih dan Cengkeh
Bahan: Daun sirih dan cengkeh secukupnya.
Cara pengobatan: Rebus kedua bahan, kemudian gunakan untuk berkumur beberapa kali. Jika Anda merasa belum mampu membuat ramuan ini, obat kumur dari campuran cengkeh dan daun sirih ini bisa Anda beli di pasar.

4. Bawang Putih
Bahan: Bawang putih (1 butir).
Cara pengobatan: Kupas kulit luar bawang putih, setelah itu tumbuk hingga halus. Tempelkan tumbukan bawang putih pada bagian gigi luar yang sakit.
Cara pengobatan 2: Cuci bawang putih dengan air hangat. Kunyah bawang putih mentah selama beberapa menit, kemudian buang dan bakteri penyebab sakit gigi akan mati.

5. Minyak Cengkeh
Bahan: Minyak cengkeh secukupnya.
Cara pengobatan: Gunakan minyak cengkeh dengan cara meneteskannya pada gigi yang sakit menggunakan kapas atau cotton bud (ditempel-tempel). Setelah rasa sakit hilang (kira-kira 30 menit), barulah berkumur dengan air hangat.

6. Bunga Matahari
Bahan: Bunga matahari (50 gram), jahe (5 gram), dan air jernih (600 cc).
Cara pengobatan: Jahe dan bunga matahari direbus dalam 600 cc air sampai mendidih dan air tersisa 300 cc. Saring air rebusan dan minum obat herbal sakit gigi ini selagi hangat.

7. Asam Jawa (Obat Penyembuh Karang Gigi)
Bahan: Biji asam jawa secukupnya.
Cara pengobatan: Goreng tanpa minyak (sangrai) biji asam jawa, sehabis itu ditumbuk sampai lembut. Masukkan biji asam jawa yang telah halus pada kain, kemudian gosok pada gigi yang berlubang.

8. Biji Jarak Cina
Bahan: 1 butir biji jarak cina dan 1 gelas air panas.
Cara pengobatan: Giling atau tumbuk biji jarak cina sampai benar-benar halus, seduh dalam satu gelas air panas dan aduk. Saring airnya, tunggu dingin, terakhir gunakan air untuk berkumur.

9. Daun Cengkeh
Bahan: Daun cengkeh secukupnya.
Cara pengobatan: Cuci daun cengkeh, seduh dalam seelas air panas, kemudian lumatkan daun cengkeh. Gunakan kain untuk memeras daun cengkeh yang halus, kemudian tempelkan kapas pada air hasil perasan. Tempel dan gosok kapas pada gigi yang sakit (berlubang).

10. Teh Hangat (Tanpa Gula)
Bahan: Satu gelas teh hangat tanpa gula.
Cara pengobatan: Gunakan air teh untuk berkumur beberapa kali, kemudian biarkan 15 menit. Setelahnya letakkan kantung teh bekas pada gusi untuk meringankan peradangan.

11. Cabe Rawit.
Bahan: Cabe rawit hijau atau merah secukupnya.
Cara pengobatan: Tumbuk cabai rawit, kemudian seduh dalam air panas. Kenai kapas dengan air seduhan cabai rawit, kemudian tempel pada gigi yang sakit. Bisa juga untuk berkumur.

12. Getah Jarak
Bahan: Getah tanaman jarak secukupnya.
Cara pengobatan: Teteskan sedikit demi sedikit getah jarak pada gigi yang berlubang, atau bisa juga gunakan kapas untuk diselipkan pada gigi yang berlubang.

13. Akar Meniran
Bahan: Akar meniran (5 gram).
Cara pengobatan: Bersihkan akar meniran, kemudian kunyah menggunakan gigi yang sakit. Setelah itu berkumur dengan air biasa, dan istirahatlah.

14. Akar Kangkung
Bahan: Segenggam akar kangkung dan 1/2 sdt cuka.
Cara pengobatan: Aliri (bersihkan) akar kangkung, kemudian rebus dalam segelas air dan tambahkan 1/2 sdt cuka. Air rebusan yang sudah agak dingin digunakan untuk berkumur.

15. Serai
Bahan: Sereh atau sirih (40 gram), air matang (2 gelas).
Cara pengobatan: Rebus semua sereh dalam 2 gelas air sampai mendidih dan air berkurang satu gelas. Gunakan obat ini untuk berkumur setiap hari sampai sakit gigi hilang.

16. Kunyit
Dalam pengobatan cina, Kurkumin atau pigmen kunig pada kunyit dipercaya sejak dulu sebagai obat untuk beberapa penyakit seperti masalah pencernaan, haid, serta dapat mengobati sakit gigi. Selain itu, Kurkumin juga bermanfaat untuk mencegah pembengkakan dan menurunkan rasa sakit. Adapun untuk membuat kunyit sebagai obat tradisional untuk meredakan nyeri pada gigi cukup mudah. Anda hanya perlu menghaluskan kunyit lalu tempelkan pada area gigi yang sakit.

17. Merica
Tak berbeda dengan bahan-bahan di atas, merica juga merupakan bumbu dapur penyedap masakan. Anda bisa menggunakan merica bubuk yang ditambah sedikit garam dan beri sedikit air agar membentuk jadi pasta. Gunakan pasta merica dan garam tersebut untuk mengobati sakit gigi agar cepat sembuh.

Cara Meredakan Sakit Gigi

  • Membersihkan sela-sela gigi Anda dengan menggunakan dental floss atau benang gigi untuk membersihkan plak dan sisa-sisa makanan yang tersangkut di sela-sela gigi.
  • Berkumur dengan menggunakan air hangat.
  • Mengoleskan minyak cengkeh pada gigi atau gusi yang sakit.
  • Mengoleskan obat antiseptik mengandung benzocaine pada gigi atau gusi yang sakit.
  • Mengompres pipi dengan kompres dingin apabila sakit gigi disebabkan oleh trauma pada gigi.
  • Minum obat pereda nyeri yang dijual bebas di apotek (misalnya ibuprofenparacetamol, atau aspirin). Sebagai peringatan, obat-obatan ini tidak boleh dipakai dengan cara ditaruh langsung di gusi karena bisa merusak jaringan gusi. Selain itu, aspirin tidak boleh diberikan pada anak usia di bawah 16 tahun.
Pada kasus sakit gigi berikut ini, Anda diharuskan untuk secepatnya menemui dokter, yaitu apabila:
  • Nyeri berlangsung selama lebih dari dua hari.
  • Sakit gigi disertai gejala infeksi (misalnya mengeluarkan bau busuk, bengkak, gusi menjadi merah, dan nyeri saat mengunyah).
  • Sakit gigi membuat Anda jadi sulit menelan.
  • Sakit gigi membuat Anda sulit bernapas.
  • Sakit gigi disertai demam.
  • Anda kesakitan saat membuka mulut.
  • Sakit gigi disertai nyeri telinga.

Ok sobat segitulah ramuan mujarab buat sakit gigi...jaga kebersihan gigi kalian ya dan wajib di coba ne bagi yang sakit gigi obat sakit gigi mujarab nya



EmoticonEmoticon