Friday, April 21, 2017

12 Tips Ampuh Mengatasi Sembelit

Nah info kali ini kita membahas tentang " 16 Tips Mengatasi Sembelit " sobat herbalya, sebelum lebih jauh lagi kita akan memulai membahas apa sih sembelit itu. Ok langsung aja cekidottt....

Apa itu sembelit

Istilah sembelit mungkin tak asing bagi kita, biasanya diartikan sebagai susah buang air besar, orang yang terkena penyakit sembelit ini ketika sudah kebelet BAB bahkan sampai lari-lari ke toilet tapi ketika sudah sampai ke toilet e… pupnya gak mau keluar, atau susah keluar karena fesesnya keras, sudah gitu terasa sakit lagi. Maka tak heran banyak yang ingin melakukan cara mengatasi sembelit ini, baik dengan obat sembelit yang banyak dijual ataupun pergi ke dokter.

Sebelum kita ungkap bagaimana cara mengatasi sembelit yang efektif dan aman, sebaiknya kita pelajari terlebih dahulu apa itu penyakit sembelit, apa saja gejala yang menyertainya serta penyebab sembelit yang mungkin Anda alami. Mari kita mulai dari definisi.

Sembelit adalah suatu kondisi dimana buang air besar lebih jarang dari biasanya karena feses atau tinja yang kering keras sehingga susah dikeluarkan dan menimbulkan rasa sakit saat buang air besar. Dalam bahasa kedokteran sembelit ini dikenal dengan istilah konstipasi. Pada orang dewasa, disebut konstipasi jika tidak buang air besar (defekasi) selama tiga hari berturut-turut atau kurang dari tiga kali dalam seminggu. Sedangkan sembelit pada anak, apabila tidak buang air besar selama 5 hari atau lebih. Sembelit lebih sering terjadi pada wanita dibanding laki-laki, terutama sembelit pada wanita hamil sering kali dijumpai. Usia juga mempengaruhi, usia lanjut (terutama wanita) lebih mungkin terkena sembelit.

12 Tips Ampuh Mengatasi Sembelit



Penyebab Sembelit

Konstipasi atau sembelit bisa terjadi karena pergerakan tinja atau feses pada usus yang berlangsung lambat sehingga menyebabkan konsistensinya menjadi keras dan kering. Sembelit seringkali disebabkan oleh kurangnya olah raga atau gerak badan, kurang minum atau karena diet (asupan makanan) yang kurang serat. Makanan yang tinggi serat itu antara lain: sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan sebagainya.

 Penyebab sembelit lainnya yang berupa penyakit atau kelainan antara lain:

Penyumbatan pada usus besar atau rektum 
  • Kanker usus besar 
  • Kanker rektum 
  • Fisura ani 
  • Obstruksi usus 
  • Penyempitan usus besar (striktura) 
  • Kanker perut lainnya yang menekan pada usus besar 
  • Rektokel 

Masalah pada saraf di sekitar usus besar dan rektum 

  • Cedera tulang belakang 
  • Neuropati otonom 
  • Multiple sclerosis 
  • Penyakit Parkinson 


Penyakit yang mempengaruhi hormon dalam tubuh 

  • Diabetes atau kencing manis 
  • Kelenjar paratiroid yang terlalu aktif (hiperparatiroidisme) 
  • Kehamilan 
  • Tiroid kurang aktif (hypothyroidism) Gejala Sembelit.

Gejala Sembelit 


Selain kesulitan buang air besar, penderita sembelit terutama pada dewasa umunya mengalami gejala-gejala lainnya yaitu: perut kembung, sebah, sakit perut, merasa ada sesuatu yang menyumbat, bab berdarah, atau merasa sakit saat buang air besar. Sedangkan Sembelit pada bayi ditandai dengan bayi menangis saat buang air besar, menarik kaki ke arah perut, atau sampai-sampai melengkungkan punggung ketika mau buang air besar. 

Segera mengatasi sembelit sangatlah penting, karena konstipasi yang berlangsung lama dan parah akan menimbulkan komplikasi, diantaranya: 

Wasir. Sembelit yang berlangsung lama dan sering akan mempermudah terjadinya pelebaran pembuluh darah vena di sekitar anus alias wasir atau ambeien. 

Anal Fissure atau robeknya anus. Feses yang keras dan besar berpotensi melukai anus hingga robek dan berdarah. 

Fecal Impaction. Sembelit kronis penyebabkan pengumpulan feses yang keras terjebak pada usus besar sehingga tidak bisa dikeluarkan melalui proses defekasi biasa. 

Rektum Prolaps. Rektum atau bagian yang lebih dalam dari anus dapat menonjol keluar karena feses keras pada sembelit.


Cara Mengatasi Sembelit

1. Tingkatkan asupan serat. Serat yang cukup pada makanan akan membuat feses menjadi lebih lunak dan licin sehingga mudah melewati usus. Jadi makanlah buah dan sayuran segar setiap hari terutama buah pepaya, namun jangan langsung banyak atau berebihan ya, karena akan membuat kembung. Jadi mulailah secara bertahap hingga dirasa nyaman. 

2. Olah raga setiap hari. Aktifitas fisik akan meningkatkan kekuatan otot usus serta pergerakannya. Hal ini sangat berperan melancarkan sistem pencernaan dan membantu mengatasi sembelit. 

3. Jangan menahan Buang Air Besar. Ketika sudah kebelet BAB sebaiknya dituruti saja. Karena menunda-nunda buang hajat akan membuat feses tertahan dan akan membuatnya semakin keras akhirnya susah dikeluarkan.

4. Menggunakan Kunyit. Kunyit sangat baik di gunakan untuk menjaga kesehatan tubuh sejak dulu diantaranya masalah pencernaan, kandungan senyawa kurkumin yang terkandung dalam kunyit dapat menjaga dan melapisi dinding usus, sehingga dapat mendorong sisa makanan dan keluar dari dalam usus.

5. Menggunakan Jus Lidah Buaya. Selain buat penyubur rambut ternyata lidah buaya bermanfaat untuk mengatasi sembelit, yaitu dengan membuat jus aloevera ini dengan baik dan benar supaya memperoleh manfaat nya.

6. Jangan Lewatkan Makan. Mungkin ini agak sulit di lakukan, tapi saat makan teratur di perlukan untuk menjaga perut agar tetap aktif, Makan terlalu banyak atau terlalu sedikit bisa mengganggu gerakan normal usus yang menyebabkan sembelit.

7. Minum Banyak Air Putih. Air bermanfaat dalam proses metabolasi dalam tubuh dan membantu proses pencernaan dalam tubuh yang membantu mengurangi sembelit.

8. Daun Kajibeling. Tanaman ini biasa di jumpai di sekitar rumah yang biasanya sebagai tanamana pagar yang menghiasi rumah dengan ciri daun sangat kasar dan hijau pekat, dengan nama latin strobilanthes crispus. Daun ini mempunyai efek pencahar dan diuretik yang sangat baik untuk penderita sembelit.

9. Daun Wungu. Daun wungu mengandung beberapa zat seperti saponin, alkaloid non toksis, glikosod, steroid dan tanin. Kandungan saponin inilah yang memiliki efek sebagai pencahar ringan pereda sembelit. Cara mengolah nya pun relatif sederhana dengan dengan merebus beberapa helai daun lalu lalu di minum air nya.

10. Makan Buah Pepaya. Buah pepaya sangat membantu penetralan sembelit karena buah ini memiliki zat khusus untuk mencairkan feses dan menjadikan nya lebih halus sehingga membuat lebih cepat keluar.

11. Temulawak. Tanaman rimpang ini juga bisa di gunakan untuk mengatasi sembelit, cara nya ambil beberapa buah lalu parut kemudian peras dan air perasan nya di berikan sedikit asam jawa dan gula aren.

12. Buah Nanas. Buah nanas juga baik untuk mengatasi sembelit, cara nya kupas nanas dan ambil kulitnya kemudian di parut dan ambil air nya lalu minum dua kali sehari.

2 comments

Wah ini yg lg saya cari, thanks bgt info nya min


EmoticonEmoticon