Tuesday, April 11, 2017

Khasiat Bawang Putih Hitam (Black Garlic) Untuk Kesehatan

Pagi sobat Herbalya, pagi ini kita akan mengupas tren makanan kesehatan yang lagi marak saat ini. Mungkin sudah ada yang tau tentang Black Garlic atau Bawang Putih Hitam.

Bawang Putih Hitam ?? Apaan tuh (Sambil gaya jaja miharja)....hehehe, Nah pasti heran kan apa sih itu bawang putih hitam atau black garlic karena nama nya masih asing di telingan kita. Sebenarnya bawang hitam atau black garlic bukan nya jenis baru dari varian bawang, melainkan memang bawang putih yang di proses sedemikian rupa sehingga menghasilkan bawang hitam ini. Bawang hitam tidak di dapat dengan proses alami, melainkan melalui proses fermentasi dengan suhu panas dan kelembaban tertentu. Meskipun berwarna hitam, ternyata bawang putih hitam ini memiliki rasa yang lezat lho sobat Herbalya.

Bawang Putih Hitam (Black Garlic) Pertama kali di gunakan sebagai bahan makanan di masakan Asia yang di buat dengan memanaskan pada suhu tertentu selama beberapa minggu sampai warna menjadi hitam. Popularitas nya pun cepat menyebar seantero Amerika Serikat untuk masakan high- end. Dengan aroma yang tidak terlalu menusuk dan dengan rasa sedikit manis, gurih dan kenyal seperti dodol menjadi bawang putih hitam jadi makanan yang banyak di cari.

Dalam bidang kesehatan Bawang Hitam sudah di gunakan sejak ribuan tahun yang lalu, tepat nya di China, Jepang, Korea, sebagai suplemen kesehatan dan juga obat dengan khasiat 20 kali lebih besar dari herbal yang lain serta 4 kali lipat dibandingkan bawang putih biasa.

Khasiat Bawang Putih Hitam (Black Garlic) Untuk Kesehatan


Khasiat Bawang Putih Hitam (Black Garlic)

1. Anti Kanker
Black garlic di kenal dari dulu sebagai obat anti kanker, yang memiliki kemampuan 10 kali lebih besar dari bawang putih biasa.

2. Mencegah Penuaan Dini (Anti Aging)
Menurut penelitian yang di lakukan menunjukan bahwa proses fermentasi yang terjadi untuk mendapatkan bawang hitam terbukti membantu meningkatkan kadar Polifenol dan Flavonoid di dalam bawang hitam. Polifenol dan Flavonoid ini berkerja sebagai anti oksidan yang bisa mencegah kanker dan penuaan dini, adanya sumber anti oksidan akan menangkap dan mengikat radikal bebas  yang menyebabkan kerusakan sel-sel pada tubuh.

3. Mengontrol Kolesterol
Pada proses fermentasi yang terjadi pada bawang hitam ini menghasil kan bawang putih super. Senyawa S-allylcysteine komponen alami bawang putih segar dan turunan dari asam amino sistein di dapatkan dengan konsentrasi yang jauh lebih besar dalam bawang putih hitam yang membantu menurunkan kolesterol dan mengurangi resiko kanker.

4. Mencegah Infeksi
Bawang putih hitam di percaya mengandung agen antimikroba, antibiotik dan antijamur alami dalam bahan aktih allicin. S-allylcysteine assist dengan penyerapan allicin membantu metabolisme lebih mudah yang menjadikan perisai terhadap infeksi.

5. Mencegah Stroke dan Serangan Jantung

6. Memperbaiki Sistem Pencernaan

7. Mengurangi Gejala Parkinson

8. Mencegah Penyakit Alzheimer

9. Meredakan Nyeri Sendi atau Arthritis

10. Membantu mengobati Asma dan Batuk

11. Mencegah Diabetes

12. Membuang Racun dalam Tubuh



Nah banyak kan manfaat dari Bawang Putih Hitam (Black Garlic) sobat Herbalya...so tetep jaga kesehatan ya









EmoticonEmoticon